Besar, Kuat dan Pantang Menyerah Seperti Gajah

Sabtu, 27 Februari 2016

Udah siap lo?


“Gimana persiapan buat UN, udah berapa persen?”
            Sumpah ya dapet pertanyaan kaya gini itu horor banget. Setara kaya ditanyain ‘kapan nikah?’ diwaktu lebaran, buat mas-mas sama mba-mba yang udah mapan tapi masih aja jomblo, lagian masih aja jomblo, belum nemu yang pas yaaa? Kasian...
Balik lagi ke laptop *ala tukul* rasanya tuh yang nanya pengen gua ajak duduk berhadapan, lalu gua ngedeketin kupingnya dan jawab “KEPO LU AH, LAGIAN KALAU GUA GA ADA PERSIAPAN LU MAU BANTUIN?” *pake toa* mati-matilah tuh orang.
Gua emang rada sensitip kalau ditanyain kaya gini, soalnya udah -1 bulan menjelang UN dan gua masih gini-gini aja. Kaga ada perkembangan sama sekali. Waktu TO dinas pertama, gua dengan deg-degan buka soal, gua liat, gua baca, dan gua bingung. Gimana kaga bingung? Gua ga tau apa yang dtanyain sama itu soal. Gua merasa bodoh, jadi selama ini gua sekolah 3 tahun bolak-balik kaga ada hasilnya, gua hina, gua lemah.
Karena gua anak IPS jadi gua UN mata pelajaran MTK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, Geografi. Dan yang bikin gua panik itu pelajaran MTK sama Bahasa Inggrisnya. Gua bingung banget sama MTK, gimana soal yang ada campuran hurup sama angka bisa jadi hurup semua? Gilaaaaaaa -_- Bahasa Inggris, ada listening segala, udah tau kuping gua udah kebiasa banget sama orang indonesia yang ngomong nyolot. Ini denger bule ngomong, itu bule ngomong ngata-ngatain gua aja gua ga bakal marah, iya gua ga ngerti. Dan gimana kata ‘mother’ dibaca jadi ‘mothah’? Pusing dengernya -_- Kalau pelajaran lain sih gua masih bisa nyesuain, ya walau ga bagus-bagus amat.
Dan, dan, dan ini yang paling kamvret, udah persiapan UN gua payah, segala ditambahin dengan UN sistem CBT yang pake komputer. Ini gua mau kaya gimana coba? Bobo-bobo cantik depak koputer gitu. Di siram aer seember baru tau rasa gua. Terus nanti kalau udah nyerah dengan semua soal yang menyusahkan itu, mau coret-coret dimana? Di CPU-nya? Nanti gua ga lulus gara-gara ngerusak properti sekolah.


Mungkin nanti gua bentuknya kaya orang yang dilingkarin

            Sebenernya sih gua tahan banting, mau besok juga ayo aja, tapi hasilnya itu loh. Jadi, mulai dari sekarang gua mulai belajar. Ya ga telat-telat banget sih, yang penting udah ada usaha. Seenganya gua ga nyesel-nyesel amat. *ini dapet pencerahan dari mana?* Udahlah Hayati lelah bang, ga kuat mau bobo syantikk di bunga-bunga dulu dahhhh. *bukannya belajar, si alay*







Pasti nyesel bacanya? Ga jelas kan? Emang, makanya butuh pencerahan. Tolong!
31

31 komentar:

  1. Gimana persiapan buat UN? Hahaha. Yang penting pas menjelang UN nanti kamu jangan terlalu stres mikirin macem2. Nanti kalo stres malah lupa yg udah dipelajarin.
    Terus lagi pas ngerjain nanti usahakan jujur ga nyontek karena pas nilainya keluar nanti kamu bisa merasakan kepuasan atas hasil kerjamu sendiri. Udah gitu aja tipsnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biasanya kalau stress itu bikin lupa. Jadi harus tenang deh.
      Kalau hasilnya gede sih puas, tapi kalau hasilnya kecil nyesel kenapa ga nyontek aja ya *murid dosa* makasih tipsnyaaaa :)

      Hapus
  2. Yang belajar pasti udah siap. Yang ngga belajar, pasti ngga siap. Kuncinya banyak-banyak ngulang materi aja~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gua sih siap terus, tapi hasilnya itu nanti diakhir yang jadi pikiran. kalau itu sih pasti~

      Hapus
  3. Gue udah siap UN-nya nadia. Gimana dong? hahaha.

    Sebenarnya, bedasarkan Pengalaman Senior seperti gue. "Ceile... Senior.." Selama menjalankan UN, jangan pernah gugup gak jelas. Karena, itu bakalan merusak suasana dan ketenangan selama ujian. Gue dulu, sebelum UN, gak ada sampe lebay gak mau nonton TV, fokus belajar terus. Gak perlulah, asalkan memang niatnya belajar, ya belajar. Saatnya nonton, ya nonton. Karena, terlalu fokus, bakalan kebanyakan membuat gugup saat ujian.

    Kan belajar bisa di mana aja. Terus, kerjakan soal TrayOutnya. ITu biasanya gak jauh2 beda sama UN. Paling entah angka atau rumus aja yg beda. :)


    Semangat UN.. Semoga lulus, ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu-bantu aku bisalah pange? Hahaha.

      Cie senpai, aku juga ga sampe lebay kaya gitu, sampe ga mau nonton TV. Belajar mah belajar, nonton mah nonton. Semua ada waktunya masing-masing. Setujuuuuu, guggup memang menganggu saat ujian -_-

      Siap pangeran, laksanakan. Semangat terusss, Amin makasih :)

      Hapus
  4. masih ada waktu satu bulan lagi kok untuk belajar, jadi nggak ada kata terlambat deh untuk memperbaiki diri. saya dulu juga gitu kok sewaktu menjelang UN, ngadepin Try Out yang bertubi-tubi juga malah bikin saya pusing. tapi ngomong-ngomong soal UN itu lebih mudah kok dibanding try out yang selama ini diberikan. yaa itungannya kan kalo try out itu latihan, jadi diberi soal yang susah sekalian.

    bedanya sih saya dulu nggak pake komputer waktu UN, jadi masih bisa lah bikin origami dari soal UN nya, haha ya enggak lah! saya nggak tau ya gimana sensasinya ketika UN pake komputer, pasti lebih greget.

    good luck yaa! manfaatin waktunya sebaik mungkin menjelang UN ini ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tidak ada kata terlambat. Banyak yang bilang sih gitu, katanya soal UN lebih mudah dari pada soal TO, mudah-mudahan aja itu bener yaaa.

      Ga sampe buat origami sih, paling cuma tanda tangan ga jelas, sama tulisan-tulisan aneh tentang kepasrahan bertemu dengan soal, atau yang paling parah nulis nama orang yang disuka hahaha. Lebih greget, nampol banget.

      Siap, makasih :D

      Hapus
  5. Kayaknya harus memfokuskan diri untuk belajar nih, kak! UN MAU DATANG LHO!

    Mtk bikin pusing? BGT!
    Bahasa Inggris, gak juga sih, soalnya gue suka bahasa inggris :p

    UN nya CBT ya, wah gak ada waktu buat main lagi nih, waktu buat main hanya untuk anak kelas x kayak gue :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kamu kok menyebalkan ya dek? Ga usah nakut-nakutin -_-

      Lu juga nanti UN nya CBT, jangan terlalu senang bermain nanti kalau udah waktunya ketar-ketir kaya gua loh :v

      Hapus
  6. Duh, udah 3 tahun yang lalu tuh masa ketar-ketir UN. Tapi ngga apa-apa dek, sebelum UN-nya dateng belajar aja dulu yak, manfaatin waktu yang ada. Semangat yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah beda ya ka sekarang mah ketar-ketirnya bukan ngurusin UN lagi? siap ka, makasihhh :D

      Hapus
  7. hmm saya kok biasa aja tuh kalau ada yang nanya "Gimana persiapan buat UN, udah berapa persen ?", oh iya lupa sayakan dah kagak UN lagi khakhakhakahkhak

    ciee.. anak IPS aku pun tidak tau, selalu saja punya prasangka buruk padahal ku pikir aku tida bisa.

    saran saya, deketin anak yang Aaa rambutnya terlihat berantakan, pakai tas punggung dan kacamata kuno tapi dia peringkat 3 UN

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu tau? aku ga peduli wkwkwk

      aku bingung membaca kata-kata diatas, dan kubaca berkali-kali tidak ada maksudnya. Jadi prasangka buruk terhadap siapaaaa?

      Dikelas gua mana ada yang kaya gitu, itu mah cuma ada di ftv-ftv kali ah. Kan UN aja belum, gimana bisa tau dia peringkat 3? -_-

      Hapus
    2. Itu lirik lagunya JKT 48 tim T yang di setlist TWT, Judulnya kei no keiko to taisaku

      Duh nih judulnya bener nga yah

      Hapus
  8. Tos dulu! Sama2 anak IPS!

    Yg paling berkesan di UN itu telat sampe 30 menit dan dicariin kepsek, hahahahaha tapi alhamdulillah, walaupun gj ampe telat nilainya bagus. Hehehe
    Good luck ya, semoga nilaimu memuaskan dan lulus tentunya. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosh, hidup anak IPS!

      Telat 30 menit ngapain coba? Sampe dicariin kepsek gitu, parah wkwkwk tapi untung nilainya bagus.
      Amin, makasih ka :D

      Hapus
  9. UN zaman sekarang keren yak. Pakai komputer. Haha. Menurut gue, kalau lo lagi bosan, dan pengen coret-coret, kan masih ada paint. Lebih seru malah. hahaha.

    Untungnya, zaman gue dulu nggak seribet ini. Gue jadi ngerasa bangga jadi angkatan tua. Hahaha. Nggak apa-apa, santai aja. Kalau emang nggak ada persiapan, ya mau diapakan lagi, kan?

    Kan, tahu depan masih ada UN nya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren, tapi ribet jugaa. Emang sempet buka paint? nanti kalau ketauan sama pengawas, kelar udah -_-

      Jangan sampe ikut UN yang tahun depan, cukup tahun ini aja.

      Hapus
  10. Hadeehhhh umur kita beda berapa sih... soalnya saya yang dalam posisi pengawas bukan yang ujian.. hahaha. Semangat aja ya terus, semua itu akan terlalui pada akhirnya. Maksimalkan usaha serta doa. Soal UN ada trik nya kok, ini biasanya diberikan dan dilatihkan di berbagai jam pengayaan khusus UN di tiap sekolah atau di bimbel2 tertentu. Pelajari saja. Tiap nomor ada tipe2 soalnya dan kemiripan cara penyelesaian soalnya juga. Percayalah.... hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur kita beda tipis doang kok ibu pengawas wkwkwk *piss* Siap, intinya sih harus selalu mau belajar dan mencoba :)

      Hapus
  11. Wkwkwk dulu aku pas UN kekhawatiran utamaku cuma : Takut Sakit -_- seriusan, jadi beberapa minggu sebelum UN gitu aku banyak-banyak minum vitamin kwkwk kalau masalah ujiannya sih disiap-siapin aja wkwk soalnya udah agak terbiasa sama Tryout dan ujian-ujian lainnya wkwkwk

    ternyata, UN itu soalnya jauh lebih mudah dari Tryout loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih bener, kalau mau semateng apapun ilmu yang udah ada diotak tapi kalau udah sakit mah percuma juga. Banyak yang bilang gitu sih, mudah-mudahan aja sih bener..

      Hapus
  12. Kalo menurut pengalaman gue sih ya, UN itu jangan terlalu di bawa serius, santai aja. Justru kalo di pikirin terus, malah bikin panik ga karuan. Jadi ya jangan lupa belajar dan istirahat secukupnya, terus jangan mau kalo di kasih kunci jawaban. Dijamin lulus UN dengan nilai memuaskan. Semoga. Goodluck ya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, semakin dipikirin malah semakin keingetan. Semoga bisa lulus UN dengan hasil yang memuaskan, yeyyy makasih :)

      Hapus
  13. di bawa santai aja sis,gak usah terlalu di pikirin,kalo masih di pikirin juga,ya maklum lah,un ini adalah gerbang nya neraka buat para siswa,kunci nya ya tetep,berusaha dan berdoa,semoga lulus un ya! :)

    BalasHapus
  14. Aslinya tu bahasa inggris ada listening? Kalo native nya american lebih gampang daripada british sih tapi pasti british ujian begini mah. Biar ga terlalu kaget, coba deh dengerin lagu artis yang logatnya agak british kayak Lorde xD
    Semangat, ya!

    BalasHapus
  15. Hahaha. Menarik juga membaca postingan mengenai UN dari sudut pandang murid.

    Sebagai seorang guru, saya juga merasakan keresahan yang dialami murid-murid saya.

    Tiada hari tanpa belajar.

    Begitulah kira-kira semboyan mereka.

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong sampaikan aspirasi ini guru *sungkem* Tapi lebih resah murid pakkk :)

      Tiada hari tanpa bernapas pak yang lebih bener :D

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya, pembaca yang baik itu yang meninggalkan jejak loh. Nanti aku anggep yang ga ninggalin jejak ngefans sama aku, mau?